Sabtu, 18 Juli 2009

Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar

A. Pengertian Hadits
Hadits menurut bahasa mempunyai tiga makna:
1. Baru ( jadid ), lawan dari terdahulu ( qadim ).
2. Dekat ( qorib ), tidak lama lagi terjadi, lawan dari jauh ( ba’id ).

3. Berita ( khabar ), sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lainnya. Hadits yang bermakna khabar ini dihubungkan dengan kata tahdis yang berarti riwayat, ikhbar ( mangkhabarkan ). Maka hadits dan khabar menurut bahasa adalah dua kata yang sama.
Hadits menurut istilah para ahli hadits bahwasannya hadits itu sinonim dari sunnah, yang dimaksud disini adalah sesuatu yang diriwayatkan dari Rosul SAW sebelum atau sesudah diutus menjadi nabi. Akan tetapi mayoritas hadits itu diartikan dengan sesuatu yang diriwayatkan dari Rosul SAW setelah kenabian baik dari perkataan, perbuatan dan penetapannya. Dalam definisi ini sunnah lebih umum dari hadits.
Menurut Hafidz Hasan Al Masudi, hadits adalah sesuatu yang disandarkan kepada nabi SAW baik perkataannya, perbuatnnya, penetapannya atau sifatnya.

B. Pengertian Sunnah
Sunnah menurut bahasa adalah cara atau jalan yang biasa ditempuh, baik terpuji maupun tercela. Sedangkan sunnah menurut istilah, ada beberapa perpedaan pendapat antara lain:

1. Sunnah menurut istilah para ahli hadits:
Setiap sesuatu yang diriwayatkan dari Rosul SAW dari perkataan, perbuatan dan penetapan, sifat atau perjalanan nabi baik sebelum atau sesudah diutus menjadi Rosul. Dalam definisi ini sunnah adalah sinonim dari hadits.

2. Sunnah menurut istilah ulama ushul fiqih
Setiap sesuatu yang bersumber dari nabi SAW selain Al- Qur’an, dari perkataan, perbuatan, penetapan yang biasa dijadikan dalil dalam hokum syar’i.

3. Sunnah menurut istilah ahli fiqih
Setiap sesuatu yang ditetapkan dari nabi SAW yang bukan merupakan bab fardlu atau wajib.

C. Pengertian Khabar
Menurut bahasa, khabar artinya warta atau berita yang disampaikan dari seseorang ke orang lain. Khabar menurut istilah ahli hadits yaitu segala sesuatu yang disandarkan atau berasal dari nabi SAW atau dari yang selain nabi SAW. Karena itu khabar dikatakan lebih umum dari hadits. Dan khabar lebih patut dijadikan sinonimnya hadits dari pada sunnah.
Karena itu, sebagian ulama’ berpendapat bahwa khabar itu mencakup segala sesuatu yang datang dari selain nabi SAW, sedangkan hadits khusus untuk segala sesuatu yang berasal dari nabi SAW.

D. Pengertian Atsar
Menurut bahasa, atsar artinya bekas atau sisa sesuatu. Sedangkan menurut istilah ada beberapa pendapat, antara lain:
1. Atsar adalah sinonim dari khabar sunnah dan hadits.
2. Atsar adalah sesuatu yang disandarkan kepada salaf dari sahabat dan tabi’in.
3. Atsar adalah al marfu’ ( hadits yang sanadnya sampai kepada Rasulullah ), al mauquf ( hadits yang sanadnya hanya sampai kepada sahabat dan tabi’in ).
4. Atsar adalah hadits mauquf ( ini merupakan pendapat ahli fiqih khurasan ).

3 komentar:

  1. thanks of give me information klo bisa lebih lngkp lg misalnya example ny apa ????????????

    BalasHapus
  2. thanks bgt..... ^_^ gk prlu ngrangkum.. he..he..

    BalasHapus