Sabtu, 06 Agustus 2011

PORTC pada atmega16

Kali ini ane pengen sharing pengalaman ane tentang portc pada atmega 16....
kejadian ini berawal dari temen ane yang minta ane programin mikronya, kebetulan mikrokontroler yang di pake sama dia adalah atmega16..
Rencananya portc pada uc tsb pengen dipake buat keypad, namun setelah ane bikinin program ternyata ada masalah tampilan pada lcd selalu tampil angka "1", padahal keypadnya belum dipencet apa-apa.


awalnya ane kirain mikronya bermasalah, dan ane kaga hirauin, soalnya masih banyak sisa port yang belum dipake soalnya ane programin mikronya per step. Namun pas ane gabungin programnya ternyata kurang portnya dan terpaksa portc harus dipake... karna ga bisa2, jadi ane bikin program kelap-kelip di portc buat meriksa tiap bit di portc.. setelah ane periksa pake avo meter, ternyata ada beberapa port yang ga respon pada saat diberi logika.... Nah ane bingung juga waktu itu, dengan pedenya ane bilang klo mikronya bermasalah :D.. Karena kebetulan ane juga punya atmega16 juga, maka ane coba juga tuh mikro punya ane buat bandingin....
setelah ane coba ternyata sama juga hasilnya...

akhirnya ane putus asa, trus ane tanyain tuh ke forum, eh ternyata di PORTC pada Atmega16 punya fungsi lain yaitu JTAG....

Setelah ane ubek-ubek di avr studio ternyata ada konfigurasi buat ngidupin dan matiin JTAGnya..

berikut ini cara matiin JTAGnya menggunakan AVR studio...
1. Pastikan Atmega16 dan proggramernya terhubung ke komputer, klo pas waktu itu proggramer punya ane usbmk ii...

2. buka AVR studio, trus klik menu Tools>Program AVR dan pilih connect...
3. ntar muncul seperti berikut dan pilih proggramer yang dipake lalu klik connect...
4. klik tab main, pada device and signature bytes pilih Atmega16

5. klik tab fuses, hilangkan centang pada JTAGEN dan klik proggram..

Nb: jika anda tidak tahu pasti fungsi-fungsi konfigurasi dari di atas jangan coba-coba merubahnya...


1 komentar:

  1. sip gan..
    artikelnya bermanfaat...
    kemarin atmega 16 portcnya error....
    alhamdulillah sekarang dah bisa...

    BalasHapus